Lem Kayu Konstruksi

Penggunaan lantai non keramik kini kian menjamur. Decking menjadi salah satu alternative lantai keramik yang mulai disukai. Namun dari berbagai jenis decking yang dijual, tentu kita jadi bertanya-tanya: manakah yang harus dipilih antara decking kayu, komposit, atau plastik?

Jenis Lantai Decking

Plastik

Terbuat 100% dari plastik. Plastic decking memiliki ketahanan yang baik pada perubahan cuaca.

Komposit

Decking komposit terbuat dari serat kayu (biasanya hasil daur ulang) dan plastik. Ketahanan terhadap cuacanya juga bagus.

Kayu

CS BahanPerekat

Sebagaimana namanya lantai decking kayu adalah lantai decking yang memanfaatkan bahan kayu. Jenis kayu yang digunakan sendiri beragam mulai dari kayu pinus, cedar, hingga mahoni. Perbedaan jenis kayu ini menyebabkan ketahanan lantai dek juga bervariasi.

Pertimbangan Memilih Decking Kayu, Komposit, atau Plastik
Manakah yang harus dipilih antara ketiga jenis decking? Secara umum, kami menyarankan lantai dek kayu dibanding plastik dan komposit. Berikut ini pertimbangannya.

Cuaca

Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan decking plastik dan komposit terus meningkat. Sayangnya, pembuatan kedua decking tersebut jarang memperhatikan faktor cuaca. Akibatnya, meski keduanya tidak mudah rusak oleh faktor cuaca, namun kenyamanan kita tetap terkorbankan.

Untuk wilayah-wilayah dengan iklim panas seperti Indonesia, sangat tidak disarankan menggunakan decking plastik dan komposit. Sebab, keduanya sangat panas ketika terpapar matahari terlalu lama. Berjalan di atas lantai tersebut pun sudah pasti tidak nyaman sama sekali. Sebaliknya, decking kayu menawarkan kenyamanan pada kondisi panas sekalipun.

Potensi Serangan Hama

Secara umum, decking kayu memang lebih disukai hama seperti jamur. Tapi jangan salah, serangan jamur pada lantai plastik dan komposit justru lebih sulit dihilangkan ketika sudah terjadi. Pada dek kayu, kita bisa menghilangkan jamur dengan menggosoknya dengan amplas. Metode ini jelas bukan solusi pada dek plastik dan komposit.

Perawatan

Sebenarnya apapun material decking yang digunakan, perawatan tetap harus dilakukan. Untuk plastik dan komposit disarankan setidaknya melakukan refinishing satu atau dua tahun sekali. Decking kayu pun demikian. Namun bahan dari kayu biasanya lebih unggul karena dibiarkan tanpa finishing pun tetap akan menampakkan keindahan yang natural.

Harga

Secara umum, harga decking kayu lebih murah dibanding decking plastik dan komposit. Baik decking plastik dan komposit tidak sekuat kayu sehingga biasanya memerlukan struktur tambahan yang menyebabkan biaya menjadi lebih mahal.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here