meja komputer

Sukses tidak datang dengan sendirinya. Perlu usaha yang cermat dan telaten. Ini pun berlaku tatkala Anda ingin membuat aneka furniture seperti meja komputer. Apa saja ya kira-kira poin-poin penting yang harus diperhatikan saat membuat mebel jenis ini? Tips di bawah ini kami persembahkan untuk para produsen computer table baik yang masih pemula ataupun yang sudah lama.

Perhatikan Komponennya!

Hal-hal kecil sering tak disadari kala kita membuat berbagai jenis produk. Untuk itulah, kita perlu terlebih dahulu memahami “apa itu meja komputer.” Ringkasnya, kita tahu bahwa produk seperti ini didesain untuk meletakkan komputer. Tapi pengertian tersebut kuran tepat. Yang lebih tepat, meja seperti ini didesain untuk mendukung aktivitas kita saat menggunakan komputer. Perhatikan, ada istilah yang sangat penting, yakni “mendukung aktivitas saat menggunakan komputer.” Dari pemahaman ini, maka kita perlu merumuskan komponen apa saja pada meja terkait yang perlu disediakan untuk mendukung aktivitas memakai komputer.

Contohnya:

CS BahanPerekat

1. Bagian untuk menaruh keyboard
2. Bagian untuk menaruh CPU
3. Bagian untuk menaruh sound system
4. Bagian untuk menaruh mouse
5. Bagian untuk menaruh LCD
6. Aneka bagian tambahan lainnya

Jangan salah. Banyak lho meja komputer yang tak mendukung keseluruhan poin di atas. Sering yang disediakan hanya bagian untuk menaruh layar LCD, CPU, dan keyboard. Sedangkan bagian yang lainnya tak disediakan. Tak mengapa bila Anda memang sengaja membuatnya demikian. Tapi biasanya harga produk yang komponennya lebih sedikit pun lebih murah. Pastikan saja bahwa antara kualitas yang ditawarkan dengan harganya seimbang sehingga produk Anda dipercaya oleh masyarakat.

Bahan: Olahan vs Kayu Solid vs Alternatif lain

Secara umum, ada dua jenis bahan kayu yang bisa dipakai. Yang pertama adalah kayu solid, dan yang kedua adalah kayu olahan. Pemakaian kayu solid memakan biaya produksi lebih besar. Tapi harga jualnya pun lebih tinggi. Sedangkan kayu olahan jauh lebih murah, tapi produk Anda pun nantinya akan dihargai lebih murah. Keduanya memiliki kelebihan dan kerugian. Sesuaikanlah pemilihan bahan ini dengan target pasar yang Anda sasar.

Model

Ada banyak sekali model meja komputer. Tiga yang paling umum ialah:

1. Meja computer dengan dudukan kursi
2. Model lesehan
3. Model seperti tabung di mana layar diletakkan di bagian bawah dengan kaca tembus pandang di bagian atas

Sekali lagi, pilih model sesuai target pasar Anda. Misalnya untuk pasar mahasiswa kost, jelas model lesehan lebih direkomendasikan.

meja komputer bohemian

Finishing

Keindahan tak bisa diabaikan saat membuat jenis furniture apapun. Di pasaran, kebanyakan meja komputer memang terlihat monoton. Padahal sebetulnya ada banyak sekali gaya yang bisa dieksplore. Produk Anda pun pasti akan terlihat beda dari yang lain kalau Anda menerapkan teknik finishing yang kreatif. Misalnya saja aplikasi finishing vintage dan shabby chic yang pastinya akan membuat produk Anda sangat mengesankan. Demikian juga aneka gaya lainnya seperti bohemian style.

Lem yang Dipakai!

Tips terakhir yang penting tapi sering dilupakan orang adalah pemilihan lem yang tepat. Lem berguna untuk menyambungkan komponen meja (misal sambungan kaki dengan permukaan atas meja) serta untuk finishing tempel bila Anda memakai veneer atau HPL.
Pilihlah lem yang tepat karena kekokohan hingga keindahan produk akan sangat dipengaruhi oleh bahan ini. Aplikasikan adhesive sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya untuk aplikasi sambungan meja, gunakan Crossbond X3. Sedangkan untuk pelapisan HPL atau sheet laminate lainnya, gunakan Eva Phaethon.

crossbond

Nah itulah hal-hal sepele namun penting yang perlu diketahui oleh pelaku usaha pembuatan meja komputer. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here