Jenis lem kayu untuk laminasi dinding yang bagus ialah tahan cuaca. Kriteria tersebut menandakan bahwa bahan perekat tersebut sudah tahan air dan panas.

Munculnya kembali dinding panel exterior bukan tanpa alasan. Trend dekorasi bangunan terbaru ini hadir dengan tampilan natural dan nyaman. Nuansa yang dihadirkan pun berupa kolaborasi modern dan traditional yang seimbang. Selain itu, jenis dekorasi ini muncul untuk mengurangi dampak pemanasan global. Oleh karena itu, lem kayu untuk laminasi dinding yang digunakan disarankan relative ramah lingkungan.

Kandungan bahan perekat yang baik tidak mengandung zat kimia berbahaya. Sehingga, proses pengerjaannya kelak tidak membahayakan penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya. Dinding panel exterior merupakan bagian rumah atau bangunan yang rentan terhadap serangan cuaca. Misalnya, sinar matahari dan hujan yang menerpa secara langsung. Lem kayu laminasi yang aman dam tahan cuaca membuat dinding lebih tahan lama.

Memasang Panel Lem Kayu untuk Laminasi Dinding dengan Crossbond X 4

CS BahanPerekat

Proses pemasangan panel dinding eksterior dengan lem merupakan ide terbaik saat ini. Menggunakan lem artinya mengurangi bahan baku semen. Semen adalah perekat yang biasa digunakan dalam bidang konstruksi. Tetapi, jenis bahan baku tersebut kurang aman karena mengandung calcium hydroxide. Zat kimia ini dapat menimbulkan gangguan pernafasan, iritasi kulit, serta sementosis. Kandungan karbondioksida (CO2) dalam semen dapat memicu peningkatan pemanasan global. Selain dari uraian tersebut, proses laminasi kayu dengan lem menjadi lebih cepat.

Teknik laminasi kayu merupakan proses penyatuan beberapa lapis kayu dengan lem. Cara pengelemannya dilakukan mengikuti arah panjang kayu. Contoh dari laminasi kayu ialah dinding panel, lantai kayu, dan furniture. Jenis lem kayu untuk laminasi dinding exterior yang cocok ialah Crossbond x 4. Produk ini diformulasikan dari polyvinyl acetate (PVAc) dengan standard ECHA (European Chemical Agency) dan EPA (Environmental Protection Agency).

Bahan perekat ini memiliki single component adhesion.  Sehingga, lem cukup dioleskan pada satu sisi permukaan kayu. Produk ini sangat serbaguna karena dapat digunakan untuk batu, bambu, rotan, kertas, dll. Teknik aplikasi sangat mudah menggunakan kuas atau mesin glue spreader. Daya sebarnya yang luas (120-150 gr/ cm2) menandakan bahwa perekat ini cukup hemat. Keunggulan lainnya ialah:

  1. Solid content ± 50%
  2. Ramah lingkungan (tidak beracun dan berbau)
  3. Tahan panas, air, serta cuaca
  4. Daya rekat kuat
  5. Cepat kering dengan press time 60 menit
  6. Cocok untuk outdoor dan indoor

Langkah singkat Proses Aplikasi Crossbond X 4

Crossbond X 4 sebagai lem kayu laminasi dapat digunakan dengan mudah. Berikut 4 tahap pengeleman yang akan menghemat waktu dan biaya produksi Anda:

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Bersihkan kayu dari debu, kotoran, minyak, air, dll. Jaga kadar air dalam kayu (MC) harus pada posisi 12%. Kayu yang terlalu kering membuat lem mongering lebih cepat sebelum dilakukan pengepresan. Sehingga, proses perekatan akan gagal.
  3. Oleskan kayu dengan lem kayu Crossbond. Penggunaan Crossbond X 4 sebagai lem kayu laminasi cukup dioleskan pada salah satu media.
  4. Tempelkan kedua media tersebut dan tekan (press) selama ± 60 menit. Proses penekanan dapat menggunakan alat khusus bernama clamp press.

Dengan demikian, memilih lem kayu untuk laminasi dinding yang tahan cuaca sangat penting. Kriteria tersebut sangat membantu Anda untuk menciptakan dinding yang tahan lama. Hal yang paling penting, jenis lem tersebut memiliki nilai plus yaitu ramah lingkungan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here