hiasan kayu lapis 1

Tak perlu khawatir susah membersihkan noda bekas pengeleman! Dengan cara yang sangat sederhana, kita bisa menghilangkannya dengan mudah.

Salah satu fenomena unik yang sering ditemukan pada industri woodworking adalah ketidaktepatan para pekerja dalam menggunakan lem. Misalnya para pekerja yang enggan menggunakan lem dalam jumlah cukup. Alasannya cukup mengejutkan, yakni karena ingin agar hasil pengeleman rapi tanpa kotoran atau noda bekas lem.

Cara berpikir seperti ini jelas sangat salah. Pasalnya, untuk menciptakan hasil perekatan yang baik, maka jumlah bahan perekatnya pun juga harus cukup sesuai rekomendasinya masing-masing. Tanpa standar tersebut, kualitas perekatan akan jauh di bawah rencana yang sejak awal dicanangkan.

CS BahanPerekat

Apalagi untuk membersihkan bekas pengeleman sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi untuk noda bekas lem putih atau PVAc. Dengan alat, bahan, dan usaha yang sangat sederhana, Anda sudah bisa membuat sebuah produk bersih tanpa ceceran bekas lem putih tersebut.

Berikut ini 3 tipsnya untuk Anda.

3 Tips Membersihkan Noda Bekas Pengeleman Lem PVA (Putih)

Menggunakan Spons

Basahi spons namun jangan terlalu basah supaya air tidak malah meluber dan merusak perekatan. Oleskan pelan-pelan pada luberan bekas pengeleman. Noda bisanya berwarna kontras keputihan bila kayu difinishing dengan warna sebaliknya.

Harus diingat, biarpun cara ini cukup efektif dan mudah, namun sama sekali tak disarankan bila Anda khawatir air akan merusak perekatan. Jangan sampai air menyebar luas sehingga menyebabkan kegagalan pengeleman maupun pengecatan.

Sikat atau Kuas

Penggunaan sikat kami anjurkan apabila lem belum terlalu kering. Alat ini akan membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Supaya lebih detil dalam membersihkan, gunakan sikat gigi kecil (sikat gigi anak-anak) atau kuas.

Alat Pengikis dan Benda Tajam lain

Biarkan dulu bahan perekat mengering. Dengan alat pengikis atau benda tajam lain seperti pisau dempul, Anda bisa mengorek bekas lem yang bahkan sudah sangat kering. Namun tentu saja Anda harus ekstra hati-hati. Bisa-bisa Anda malah merusak kayu dan menyebabkan cacat estetika.

Hati-hati!

Dalam membersihkan lem, Anda harus waspada bila lem mengandung bahan berbahaya. Cara yang Anda lakukan seperti menggunakan alat pahat pun bisa berujung petaka. Jadi, pastikan menggunakan alat pelindung dan jaga sikap kehati-hatian.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here