hpl
hpl

Memilih lem yg bagus untuk HPL bisa dilakukan dengan beberapa cara. Selain dengan memperhatikan kriteria yang menguntungkan, kita juga memilih dengan menghindari kriteria yang merugikan seperti di bawah ini.

Lem Tidak Bisa Merekatkan Media Beda Karakter

Tiap perekatan memerlukan spesifitasnya masing-masing. Dalam perekatan HPL, dibutuhkan feature merekatkan dua media beda karakter. Sebab, HPL sering digunakan untuk kayu olahan. Padahal antara kayu olahan dengan HPL memiliki karakter sangat berlainan.

Lem Tidak Meresap dengan Baik

CS BahanPerekat

Lem yang tidak bisa meresap dengan baik akan menyebabkan munculnya lapisan film lem. Adanya lapisan film lem seperti ini bukan hanya menyebabkan kerusakan estetika namun juga akan membuat kekuatan lem menurun.

Lem Tak Menyebar Merata

Tipe perekatan seperti HPL adalah tipe perekatan laminasi. Umumnya , tipe perekatan seperti ini diaplikasikan pada media lebar. Dengan demikian daya sebarnya harus benar-benar baik. Misal, lem tak terlalu kental sehingga akan lebih mudah diratakan.

Lem Terlalu Cepat atau Malah Lambat Kering

Baik lem yang terlalu cepat kering maupun terlalu lambat kering akan menyebabkan alur produksi tidak lancar. Pilihlah kecepatan kering standar yang memang umum pada berbagai industri woodworking.

Adhesive Tak Tahan Panas dan Air

Karena HPL sering diaplikasikan pada media seperti kabinet dapur, wall paneling, hingga lantai, otomatis ketahanan terhadap air serta panas sangat diperlukan. Secara langsung, lem memang berhadapan dengan paparan seperti air serta panas. Akan tetapi, baik panas maupun air akan berpengaruh besar pada permukaan HPL yang kemudian bisa berdampak pada ikatan adhesive-nya.

Dengan memperhatikan 4 karakter di atas, Anda pada dasarnya diarahkan untuk membeli lem HPL yg bagus dengan kriteria bisa merekatkan media beda karakter, bisa meresap dengan baik, bisa menyebar secara merata, kecepatan kering ideal, tahan panas, dan tahan air. Feature-feature tersebut memang feature ideal untuk perekatan HPL. Feature lainnya seperti kekuatan lem juga sangat penting. Akan tetapi, spesifik untuk HPL, maka poin-poin di atas sangat krusial diperhatikan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here