Jangan salah. Ternyata sangat mudah lho langkah-langkah bagaimana cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering. Yang perlu Anda siapkan pun tak mahal maupun mudah dicari! Berikut ini langkah-langkah lengkap yang bisa Anda ikuti.

Rancang Dulu

CS BahanPerekat

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan tentu saja berkaitan dengan rancangan hiasan yang ingin Anda buat. Dari dedaunan kering, beragam pola dan bentuk bisa Anda wujudkan. Misalnya hewan, taman, hingga pola daun yang indah itu sendiri.

Siapkan Alat dan Bahan

Sediakan alat dan bahan di bawah ini.

1. Daun kering yang Anda inginkan.

2. Lem Crossbond X3

3. Papan atau figura

4. Alat tulis

5. Cutter

6. Amplas

7. Cat (opsional)

8. Clear varnish (opsional)

9. Kuas untuk mengoleskan lem

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3
Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

Bersihkan dan Keringkan Daun

Bersihkan daun yang sudah Anda kumpulkan. Siapkan silica gel dan masukkan dalam wadah tertutup. Selanjutnya, masukkan daun kering ke dalam wadah berisi silica gel, timbun dengan sisa silica gel lainnya. Pastikan wadah benar-benar tertutup. Pasalnya silica gel sangat bersifat menyerap kelembaban. Bila wadah dibuka, bahan tersebut justru akan menyerap kelembaban dalam ruangan.

Siapkan Papan Kayu atau Figura

Setelah daun benar-benar kering, artinya daun siap ditempel. Karena itulah, Anda perlu menyiapkan papan kayu atau figura tempat penempelan daun. Pastikan permukaannya rata, bersih, dan kering. Aplikasikan cat dengan tipe finishing yang Anda inginkan supaya hasilnya lebih menarik. Contohnya, bila Anda ingin memberikan kesan tua, Anda bisa mengecatnya dengan finishing recycle menggunakan produk BioColours. Namun bila Anda hanya ingin mengecatnya dengan warna pastel seperti merah atau metalik seperti emas, gunakanlah BioColours Orchid. Biarkan hingga kering, lalu amplas permukaan cat tersebut.

Tempel Daun Sesuai Rancangan dengan Crossbond X3

Sesuai desain hiasan yang sudah Anda buat, tempel daun-daun keringnya dengan Crossbond X3. Bila dirasa perlu, gambar dulu pola pada papan kayu atau frame.

Hias

Kreativitas Anda memainkan peran besar untuk menghasilkan aneka kerajinan daun kering yang menarik. Jadi setelah langkah-langkah pokok bagaimana cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering di atas selesai, Anda boleh saja mengembangkannya lebih lanjut. Misalnya dengan menambahkan bunga-bunga kering maupun dengan melapisinya menggunakan clear varnish.

 

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here