biscuit joint

Biaya pembuatan gazebo bisa mahal atau murah tergantung bagaimana kita mengaturnya. Bagi yang ingin membuat gazebo murah, berikut ini tips-tips yang mungkin berguna bagi Anda.

Tips Membuat Gazebo Murah

Gunakan Kayu Bekas

Ada dua sumber kayu bekas yang bisa Anda andalkan. Yang pertama, tentu saja kayu bekas milik Anda sendiri. Tetapi sumber ini secara umum hanya bisa diandalkan untuk kebutuhan pembangunan gazebo yang dimaksudkan sebagai kebutuhan pribadi. Pada skala yang lebih besar seperti pembuatan gazebo  untuk bisnis restoran jelas sumber kayu bekas harus lebih banyak. Coba cari tempat jual beli kayu dek atau palet di area tempat tinggal Anda.

Kayu Lebih Murah namun Diawetkan

Harga kayu memang terus meningkat akhir-akhir ini. Penggunaan kayu baru dengan kualitas terbaik bisa memakan biaya begitu besar. Nah, selain penggunaan kayu bekas seperti yang dijelaskan di atas, kita juga bisa mengandalkan kayu lain yang lebih murah. Namun tentu saja harus ada yang dilakukan supaya kayu-kayu murah tersebut awet. Salah satu caranya ialah mengobati dahulu kayu dengan insektisida dan fungisida seperti BioCide. Peresapan obat antihama diharapkan membuat kayu murah yang Anda gunakan memiliki ketahanan terhadap hama yang lebih baik.

Aplikasikan Desain yang “Hemat”

CS BahanPerekat

Bentuk-bentuk seperti ukiran atau hiasan tambahan akan berdampak langsung pada dana yang Anda keluarkan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk meminimalisir bagian-bagian yang tak perlu.

Gunakan Cat dan Lem yang Murah namun Berkualitas

Apa gunanya membuat gazebo murah namun mudah rusak? Sebagaimana disebut di atas, penggunaan kayu dengan harga murah sah saja dilakukan namun harus disertai treatment pengawetan. Artinya kualitas tetap harus diupayakan. Hal ini juga berlaku untuk bahan-bahan pendukung kayu. Cat dan lem adalah dua bahan pendukung yang kualitasnya harus diperhatikan. Cat mempengaruhi keindahan dan ketahanan gazebo pada faktor luar, sedangkan lem akan berpengaruh pada kekokohan bangunan tersebut. Untuk lem yang baik, pastikan juga bahwa adhesive tersebut didesain untuk keperluan outdoor. Saran kami, gunakan Crossbond™ X 4 dalam perekatan non komponen bangunan ini.

Pilihan Alas yang Tepat

Ada beberapa jenis alas gazebo yang bisa Anda terapkan. Yang pertama, membuatnya dari kayu seperti rumah panggung. Yang kedua, menggunakan alas semen atau bebatuan dengan tikar untuk duduk. Mana yang lebih terjangkau? Jawabannya tergantung harga tiap bahan di daerah Anda. Jadi, pertimbangkanlah dua opsi tersebut.

Demikian beberapa tips membuat gazebo murah. Punya saran lain yang bermanfaat? Ayo, tinggalkan saran Anda di kolom komentar!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here