meja finger joint

Berbeda dengan miniatur pada umumnya, fingerboard mensyaratkan pembuatan yang menghasilkan produk rideable atau bisa dinaiki. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam pembuatan produk ini adalah lem untuk fingerboard.

Sekilas mengenai Fingerboard

Yang disebut dengan fingerboard adalah bentuk mini dari skateboard yang dimainkan dengan jari-jari tangan saja. Produk ini selain bisa digunakan untuk hiasan, juga dapat dimainkan secara langsung. Berbagai komunitas finterboard di dunia bahkan secara rutin kerap menggelar acara pameran, workshop, hingga kompetisi untuk para penghobinya.

Dibanding skateboarding, fingerboarding juga memiliki keunggulan tersendiri.

  1. Lebih mudah dimainkan di berbagai tempat.
  2. Biaya untuk memainkanya tidak mahal.
  3. Sangat aman dan tidak beresiko pada kecelakaan seperti pada skateboarding.
  4. Meski sekilas seperti meniru skateboarding, namun permainan ini memiliki keasyikan tersendiri.

Lem untuk Fingerboard

CS BahanPerekat

Proses pembuatan fingerboard memerlukan bahan yang secara prinsip sama dengan skateboard. Misalnya lem. Namun tentu tak semua komponen fingerskate memerlukan lem dalam pembuatannya. Beberapa bagian yang membutuhkannya antara lain perekatan deck atau papannya.

Pertimbangan untuk memilih lemnya sendiri sebenarnya tak begitu khusus. Anda bisa mengandalkan lem PVAc atau lem putih yang penggunaannya sederhana namun daya rekatnya bagus seperti Crossbond™ X4. Penggunaan lem berkualitas ini akan menghasilkan fingerboard yang juga berkualitas. Namun selain daya rekat, perhatikan juga:

  • Ketahanannya pada kelembaban. Beberapa substrat lem mudah rusak bila terpapar air hingga kelembaban. Kita yang tinggal di daerah tropis harus memperhatikan dengan baik hal ini.
    Stabilitasnya. Lem yang baik artinya bukan hanya kuat namun juga tahan lama.
  • Penggunaan yang simpel dan tidak merepotkan.
  • Cepat kering

Setelah memperhatikan kualitasnya di atas, Anda bisa mulai memperhatikan faktor harga. Bagaimanapun juga, biaya pembuatan produk akan berkaitan langsung dengan untung yang Anda peroleh.
Untuk lem yang kami rekomendasikan, berikut ini harganya:

  • Crossbond™ X3    Rp. 45.000,-
  • Crossbond™ X4    Rp. 50.000,-

Untuk memesan produk ini, silahkan hubungi kontak yang tersedia pada web ini. Anda bisa melakukan pemesanan dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here