bahaya formalin

Sebagai salah satu kayu yang banyak digunakan, tentu pertanyaan mengenai lem untuk kayu glugu wajar muncul. Apalagi pemilihan lem memang harus spesifik. Ingatkah Anda mengenai 3A sebagai prinsip pengeleman yang sukses?

Kayu glugu atau biasa disebut glugu saja merupakan material kayu yang sangat unik dibanding kayu lainnya. Unik, sebab kayu ini berasal dari tumbuhan monokotil, yakni kelapa. Sedangkan kebanyakan kayu yang kita kenal adalah material yang berasal dari pohon dikotil.

Perbedaan ini bisa kita lihat pada tampilan glugu yang secara umum memang beda dengan kayu lainnya. Tekstur, serat, pori, dan karakter lain juga menampakkan perbedaan signifikan.

Pengeleman Kayu Glugu

CS BahanPerekat

Perbedaan tersebut membawa dampak pada proses pengolahan glugu. Salah satunya pada tahap pengeleman. Ingatkah Anda mengenai prinsip 3A perekatan? Yang pertama adalah adhesive atau lem yang digunakan. Yang kedua adalah adherent atau media yang dilem, dan yang ketiga adalah aplikasi pengeleman.

Dari ketiga prinsip tersebut kita harus memahami bahwa lem yang cocok untuk kayu tertentu belum tentu cocok untuk glugu. Apalagi bila kita kembali mengingat glugu sebagai kayu monokotil.
Pemilihan lem harus dilakukan dengan tepat. Lem harus cocok dengan media dan aplikasi yang diterapkan. Terkait dengan media, lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond™. Lem Crossbond™ adalah lem kayu yang terbukti mampu berfungsi baik untuk merekatkan glugu.

Crossbond™ sendiri didesain dalam dua varian tergantung dengan aplikasi tipe perekatan yang dibutuhkan.

Crossbond™ X 3

Adalah lem untuk aplikasi pengeleman tipe konstruksi atau komponen. Kita bisa menggunakan Crossbond™ X 3 untuk menyambung kaki kursi dengan dudukannya, kaki meja dengan penampangnya, dan sebagainya. Lem ini berbahan dasar PVAc atau lem putih dan disarankan untuk perekatan produk indoor.

Crossbond™ X 4

Adalah lem untuk aplikasi pengeleman tipe laminasi atau non komponen. Kita bisa menggunakan Crossbond™ X 4 untuk glugu yang digunakan sebagai lantai flooring, decking, panel dinding, dan kebutuhan pengeleman sejenisnya. Lem ini terbuat dari bahan dasar resin alifatik dan bisa diterapkan untuk lingkungan indoor maupun outdoor.

Cara Aplikasi Crossbond™

Untuk mengaplikasikan Crossbond™ X 3 dan X 4, caranya sangat mudah.

  1. Siapkan media, ratakan, bersihkan, dan keringkan.
  2. Oleskan lem Crossbond™. Untuk Crossbond™ X 3, oleskan di kedua sisi media yang akan dilem. Sedangkan untuk Crossbond™ X 4,
  3. Anda bisa mengoleskannya di salah satu sisi saja.
  4. Rekatkan. Diamkan dan gunakan clamp press.

Harga Lem untuk Kayu Glugu, Crossbond™

Lem ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 45.000,- untuk Crossbond™ X 3 dan Rp. 50.000,- untuk Crossbond™ X 4. Anda bisa membelinya secara langsung dengan berkunjung ke kantor Bio Industries, atau memesan ke nomor 082 167 600 692.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here