Ingin mengumpulkan uang tambahan jelang lebaran? Mengapa tidak? Yuk, coba simak tutorial mudah membuat kotak tissue kayu dengan warna patina ini. Agar makin menarik, terapkan teknik kerajinan decoupage supaya hasilnya super cantik.

Mengapa Kotak Tissue?

Pertanyaannya, mengapa kotak tissue? Anda mungkin menanyakan hal tersebut. Sebetulnya ada beragam produk lainnya yang bisa dibuat. Vas bunga mislanya. Bagaimanapun juga kotak tissue hanya salah satu produk saja. Hanya saja, produk ini memiliki pasar yang luas untuk dijual karena manfaatnya sangat jelas.

CS BahanPerekat

Kotak tissue digunakan sebagai wadah untuk lap noda makanan yang mengenai kita. Benda ini hampir selalu dibutuhkan apalagi pada momen menjelang lebaran.

Kombinasi Patina dan Decoupage pada Kotak Tissue Kayu

Tentu saja agar kotak tissue yang kita buat lebih menarik, kita tak bisa membuat kotak tissue yang “itu-itu” saja. Agar hasilnya lebih disukai pembeli, gunakan bahan yang tak biasa dipakai seperti kayu. Di antara berbagai kotak tissue plastik, pasti wooden tissue box Anda lebih mencuri perhatian. Hanya, pastikan saja kayunya ringan sehingga kotak praktis dipindahkan. Selain itu, terapkan finishing yang unik seperti patina. Akan lebih cantik bila teknik finishing ini dipadukan dengan teknik kerajinan decoupage.

Dengan aplikasi warna patina, produk akan terlihat lebih memikat. Warna tua kayu akan berpadu dengan gambar napkin decoupage yang cantik. Hasilnya adalah kotak tissue yang mampu memberikan tampilan klasik sekaligus berkelas. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak langsung tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Kotak Tissue Cantik dengan Patina serta Decoupage

Alat dan Bahan

1. Kotak kayu
2. Amplas nomor 400
3. BioVarnish Black dan Walnut Brown
4. BioColours Sanding Sealer
5. BioColours Top Coat Matte atau Death Matte
6. Air suling untuk mengencerkan cat
7. Kuas atau spray gun
8. Napkin decoupage
9. Lem khusus decoupage, Ultra Phaethon
10. Kuas atau alat untuk mengoleskan lem
11. Gunting atau cutter

Langkah-langkah Membuat Kotak Tissue Cantik

1. Sediakan dulu kotak kayu tissue-nya. Anda bisa membeli atau membuat sendiri. Pastikan saja kayu yang dipakai tidak berat. Gunakan kayu peti kemas ringan yang punya alur serat bagus.
2. Setelah kotak kayunya tersedia, siapkanlah kotak tersebut. Pastikan kotak kayunya bersih, kering, dan halus.
3. Siapkan BioVarnish Walnut Brown dan air suling sebagai pengencernya. Encerkan dulu BioVarnish dengan perbandingan 1:5 (1 untuk cat dan 5 untuk air). Aplikasikan ke permukaan kotak kayu secara merata. Biarkan lapisan finishing tersebut mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan pelan-pelan agar hasilnya lebih halus.
4. Siapkan BioColours Sanding Sealer. Encerkan dengan perbandingan 1 : 2. Biarkan lapisan finishing tersebut mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan pelan-pelan agar hasilnya lebih halus.
5. Siapkan BioVarnish Black dengan pengenceran 1 : 5. Biarkan lapisan finishing tersebut mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan pelan-pelan agar hasilnya lebih halus.
6. Siapkan napkin decoupage. Potong dengan rapi lalu lem pada kotak tissue menggunakan Ultra Phaethon. Biarkan lem mengering.
7. Siapkan BioColours Top Coat death matte dan aplikasikan. Biarkan lapisan finishing tersebut mengering selanjutnya lakukan pengamplasan dengan pelan-pelan agar hasilnya lebih halus.
8. Selesai!

Demikian cara membuat kotak tissue dengan kombinasi finishing patina dan decoupage. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here