dapur dengan meja stainless steel

Apa itu meja stainless? Kenapa produk seperti ini belakangan begitu populer? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini di bahanperekat.com.

Pengertian Stainless

Stainless sebagaimana namanya berasal dari dua kata, yakni “stain” dan “less”. Stainless dengan demikian bermakna sedikit noda. Meja dari bahan stainless pun tak lepas dari arti harafiah kedua kata yang digabung tersebut. Namun dari segi materialnya, bahan stainless terbuat dari baja. Baja ini didesain secara khusus sehingga setidaknya mengandung 10,5% kromium. Campuran kromiumnya inilah yang membuatnya lebih resisten terhadap korosi ataupun panas. Makin banyak kromium yang dipakai, maka resistensi atau ketahanannya pun semakin baik. Bahkan ada juga baja stainless mengandung nikel yang membuat kualitasnya makin baik.

Karena sifat tahan air dan korosi itulah alasan produk stainless termasuk meja banyak digunakan. Apalagi untuk meja-meja dapur seperti meja pada kabinet. Dengan paparan panas yang begitu tinggi, paparan pada bahan organik, hingga paparan air, menyebabkan produk apapun yang dipakai di dapur rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, didesain bahan-bahan khusus untuk kebutuhan tersebut. stainless table hanya salah satunya.

CS BahanPerekat

Namun selain dipakai untuk dapur, bahan ini pun telah banyak diterapkan untuk meja yang ditempatkan di ruangan yang lain. Mulai dari meja makan, meja desk di kamar mandi, hingga meja untuk ruang tamu. Sifatnya yang tidak korosif dan karakter metalnya membuatnya bisa dipakai untuk memberikan sentuhan unik di ruangan Anda. Bahkan selain meja untuk kebutuhan pribadi, meja dari bahan ini juga banyak dipakai untuk office furniture.

Berapa Harga Produk ini?

Harga meja stainless sangat beragam. Ada yang harganya ratusan ribu, namun ada juga yang sampai angka jutaan rupiah. Ukuran, komposisi stainless steel, merk produk, sampai di mana Anda membeli berpengaruh pada nominal harga yang harus Anda bayar.

Kelebihan dan Kekurangan Meja Stainless

Seperti berbagai produk lainnya, tentu produk ini pun punya pros and cons alias kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan stainless table.

meja stainless

Kelebihan

1. Sebagai produk yang terbuat dari bahan baja, produk ini memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga pemakaiannya cenderung awet atau durable.
2. Tahan terhadap panas.
3. Tak berpori sehingga tidak akan menyerap air. Kualitas ini penting, terutama untuk stainless pada meja untuk memasak (countertop) sebagai bagian dari kitchen set.
4. Mudah dibersihkan.
5. Mudah dirawat.
6. Antibakteria
7. Awet
8. Noda tak mudah menempel

Kekurangan

1. Meski tahan api dan tak mudah kena noda, akan tetapi produk ini mudah kena gores
2. Akan tampak buruk seiring berjalannya waktu
3. Meninggalkan jejak sidik jari yang dari segi estetika membuatnya kurang menarik

stainless steel

Perbandingan dengan Meja lain

Dibandingkan meja lainnya, tentu meja dari bahan stainless punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Misal bila kita bandingkan dengan meja hingga kitchen cabinet (countertop) High Pressure Laminate, secara umum, pemakaian stainless lebih mahal. Selain itu, dari tampilannya juga masih kurang. HPL dengan perekat Eva Phaethon bisa dibilang unggul dalam hal estetika dan harganya. Selebihnya, keduanya imbang dari aspek durabilitas hingga resistensinya.

Nah itulah sekilas pembahasan kita yang sedikit namun penting mengenai meja stainless. Seperti disebut di atas, produk ini punya kelebihan sekaligus kekurangan. Jadi pastikan untuk menentukan pilihan Anda berdasarkan faktor kelebihan dan kekurangan tersebut.

Semoga bermanfaat ya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here