membuat laci dengan finger joint

Pilihlah lem kayu untuk boks speaker yang tepat. Kecermatan Anda dalam melakukan pemilihan akan menghasilkan boks speaker yang mampu membantu produksi suara berkualitas.

Pengeras suara atau loudspeaker hampir selalu memerlukan kabinet atau boks supaya fungsinya bisa benar-benar dimanfaatkan. Boks ini terdiri dari beragam desain namun secara umum memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Berikut ini dua contoh fungsi produk tersebut.

Mencegah Distorsi Suara

Boks akan mencegah distorsi atau kerusakan suara yang dihasilkan loudspeaker itu sendiri. Tahukah Anda antara gelombang suara yang dihasilkan bagian belakang diafragma dan bagian depan diafragma memiliki fase berlawanan? Apabila tidak diatur suara yang dihasilkan akan rusak.

Menjaga Vibrasi Suara

CS BahanPerekat

Selain dapat mencegah rusaknya suara, boks speaker juga berperan menekan vibrasi gelombang yang dihasilkan. Vibrasi suara sendiri bisa terjadi akibat aliran udara hingga suhu panas yang menimpa pengeras suara.

Tak ayal lagi berdasarkan penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa meski boks speaker tidak langsung berperan menghasilkan suara, namun efeknya pada produksi suara sangat signifikan. Kondisi boks akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Oleh karena itulah, pembuatan boks ini tidak bisa dilakukan dengan asal.

Mengapa Penting Memilih Lem Kayu untuk Box Speaker yang Tepat?

Proses pembuatan boks speaker yang baik hendaknya memperhatikan kualitas bahan-bahan pendukungnya. Salah satunya adalah lem. Guna lem sangat krusial sebab mendukung kekuatan, bentuk, serta struktur boks tersebut. Bayangkan apabila boks tidak tertutup rapat, tentu kualitas suara yang dihasilkan juga berbeda. Demikian juga apabila desain boks tak bisa diwujudkan sesuai rancangannya. Efeknya pada suara yang dihasilkan pasti akan terdengar.

Lem untuk Box yang Baik?

Lantas bagaimana caranya memilih lem untuk boks yang baik? Pertimbangan umum seperti daya rekat dan kestabilan adalah dua aspek yang jelas wajib diperhatikan. Pilih lem yang mampu memberikan perekatan yang baik sehingga mampu mendukung desain yang dirancang. Selain itu, pilih lem yang cocok untuk media yang akan digunakan (kayu).

Ingatlah 3 A prinsip pengelaman saat membeli lem untuk boks speaker:

  1. Adhesive
  2. Adherent
  3. Applicantion

Contoh lem yang bisa Anda gunakan ialah Crossbond™. Dengan bahan PVAc yang diformulasikan khuus sebagai lem kayu, Crossbond™ akan membantu Anda mewujudkan boks speaker yang berkualitas.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here