papan fjlb

Lem kayu palet yang cocok untuk furniture eksterior adalah Crossbond X 4. Bahan perekat ini memang direkomendasikan untuk teknik laminasi.

Inspirasi kayu palet untuk dekorasi rumah memang sangat kuat. Jangkauannya tidak hanya merambah pada lantai dan dinding eksterior. Tetapi, peranannya sudah sampai pada furniture-furniture unik yang diletakkan dikebun. Pemilihan kayu palet sendiri bertujuan untuk mengurangi penggunaan kayu yang berlebihan. Sehingga, penebangan kayu dapat terkontrol dan menekan pemanasan global. Di sisi lain, industry mebel dapat menambah keuntungan tanpa biaya produksi yang lebih besar.

Furniture ekterior kayu palet bisa di buat dari bahan sisa produksi atau barang bekas di sekitar rumah. Oleh karena itu, perabot ini bisa dibuat oleh siapa saja. Misalnya, mereka yang memiliki kreatifitas tinggi atau orang yang sedang ingin menghemat pengeluaran. Secara umum, jenis furniture ini dikerjakan dengan teknik laminasi. Dengan demikian, lem kayu palet untuk furniture eksterior yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Furniture Eksterior dengan Lem Kayu Palet Crossbond X 4

CS BahanPerekat

Furniture eksterior dari kayu palet misalnya meja, kursi, dll membutuhkan lem khusus. Bahan perekat tersebut harus memiliki kriteria yang baik dan kuat. Selain kuat, lem tersebut harus tahan air, panas, solvent, cuaca, dll. Semua aspek tersebut sangat dibutuhkan oleh semua perabot yang diletakkan di luar. Pasalnya, hujan dan sinar matahari akan menerpa secara langsung secara ekstrim.

Lem kayu palet untuk furniture eksterior  dan laminasi yang cocok ialah Crossbond X 4. Bahan perekat ini merupakan lem kayu single component berbahan dasar polyvinyl acetate yang telah dimodifikasi dengan bahan inner cross linker (PVAc modifier). Produk ini bisa diaplikasikan pada berbagai media, seperti kayu, bambu, rotan, dll. Sangat efektif dan efesien khususnya untuk pekerjaan laminasi kayu, laminasi bambu, laminasi rotan, plywood baik untuk furniture, pintu, paneling FJLB dll.

KEUNGGULAN:

  1. Inner cross linker PVAc modivier
  2. Single component adhesive
  3. Solid content +/- 50%
  4. Viscositas rendah
  5. Cepat kering, press time 60 menit
  6. Tahan air
  7. Tahan solvent
  8. Daya rekat kuat
  9. Mudah dibersihkan
  10. Daya sebar luas
  11. Tidak beracun, aman dan ramah lingkungan (Berdasarkan standard regulasi ECHA & EPA)

Memperindah Furniture Eksterior dengan Bahan Pengawet Kayu dan Cat

Sebelum memasuki proses produksi, perhatikan kondisi kayu palet yang ada. Pastikan bahan baku furniture tersebut rusak karena jamur maupun serangga. Oleh karena itu, proses pertama sebelum kayu diolah harus melalui tahap pengawetan terlebih dahulu. Tahap treatment kayu dapat dilakukan dengan obat khusus yang lebih aman. Misalnya:

  1. BioCide Insecticide sebagai anti serangga
  2. BioCide Wood Fungicide sebagai anti jamur perusak struktur kayu
  3. BioCide Surface Film Preservative sebagai anti jamur permukaan

Setelah kayu diawetkan, maka kayu-kayu tersebut dapat ditambahkan cat dan coating. Tampilan furniture eksterior dengan nuansa rustik atau antik dapat menggunakan Bio Colours  Biovarnish. Kemudian, diberi finishing top coat death matt dan black glaze.

Bahan-bahan pendukung pembuatan furniture eksterior kayu palet tersebut relative lebih ramah lingkungan. Bio Varnish dan Orchid merupakan produk cat water based. Sedangkan bahan pengawet kayu di atas tidak memiliki resiko tinggi terhadap kesehatan dan lingkungan. Sementara itu, lem kayu palet Crossbond X 4 adalah lem putih berstandard internasional.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here