lem pva

Siapa tak kenal dengan istilah lem epoxy! Namun ketika ditanya “apa itu lem epoxy?” kenyataannya tak semua orang benar-benar mengerti.

Pengertian

Istilah epoxy memang merupakan istilah yang bisa berpotensi sangat rancu digunakan. Epoxy bisa merujuk ke produk cat, produk coating, produk lantai, dan juga adhesive. Bagi yang tak biasa dengan bahan ini, tentu berbagai istilah tersebut akan sangat membingungkan. Apalagi bagi mereka yang sangat baru di industri woodworking dan konstruksi.

CS BahanPerekat

Nama epoxy sendiri sebenarnya merujuk ke suatu produk khusus. Epoxy adalah polimer hasil dari reaksi antar dua bahan, yakni resin dan hardener. Pada reaksi polimerisasi tersebut, grup epoksida dan amin dari dua komponen akan membentuk ikatan kuat. Hasilnya, akan terbentuk lapisan yang kuat dan juga memiliki daya rekat tinggi terhadap media di mana reaksi polimerisasi tersebut terjadi.

Fungsi Lem Epoxy

Lem epoxy memiliki sangat banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Adhesive ini bisa digunakan untuk merekatkan berbagai logam, plastik, berbagai bahan dari material polyester, serat, dan berbagai material sejenis lainnya. Lem ini juga bisa digunakan untuk membetulkan plastik laminate maupun digunakan sebagai dempul maupun lem kayu. Lem ini memiliki fungsi bisa mengisi lubang pada kayu sehingga membuat permukaan material tersebut rata kembali.

Apa itu Lem Epoxy 1 Komponen dan 2 Komponen?

Meskipun epoxy secara umum didefinisikan sebagai hasil polimerisasi antara resin dan hardener, namun istilah epoxy tak selalu merujuk pada pengertian tersebut. Tahukah Anda yang disebut epoxy 1 komponen?

One component system of epoxy atau epoksi 1 komponen pada dasarnya adalah resin epoxy yang diformulasikan dengan bahan lain seperti modifier. Meski kuat, namun performa adhesive ini secara umum masih kalah dengan epoxy dua komponen. Pengertian epoxy dua komponen itu sendiri merujuk ke pengertian epoxy sebagai polimerisasi resin dan hardener. Epoxy dua komponen juga biasanya membutuhkan panas lebih tinggi selama proses curing dibanding epoxy 1 komponen.

Demikian sedikit penjelasan kami mengenai apa itu lem epoxy. Semoga bermanfaat ya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here