Setidaknya, terdapat dua manfaat lem kayu untuk gitar yang perlu kita ketahui. Pertama, lem sebagai pembentuk alat musik tersebut, dan yang kedua manfaat lem untuk memperbaiki gitar.

Fungsi Lem dalam Pembuatan Gitar

Tahukah Anda ada setidaknya 170 komponen dalam proses pembuatan gitar? Berbagai komponen tersebut perlu disatukan dengan lem agar membentuk gitar yang utuh. Mengingat peran lem yang begitu besar ini, tentu efeknya tak bisa diabaikan sama sekali. Malahan, lem merupakan salah satu kunci dalam produksi alat musik tersebut. Lem akan berpengaruh pada estetika, kekokohan, bahkan hingga suara gitar. Memperhatikan pengaruh lem pada aspek-aspek seperti ini akan mampu membantu Anda mewujudkan gitar dengan kualitas yang benar-benar baik.

Fungsi Lem untuk Perbaikan

Bukan hanya penting dalam proses produksi, lem juga akan sangat diperlukan dalam perawatan hingga perbaikan gitar. Adhesive kerap harus digunakan akibat kerusakan seperti terkelupasnya body gitar hingga lepasnya komponen gitar satu dengan yang lain.

CS BahanPerekat

Yang perlu diperhatikan, karena fungsi lem ini terkait dengan pengguna akhir, maka seringkali terjadi kesalahan. Pengguna gitar yang sangat awam masalah pengeleman harus mampu memahami fungsi dasar perekatan dan memilih lem yang tepat. Ada baiknya bila kerusakan dirasa sangat parah, gitar dibawa ke tempat reparasinya. Pasalnya sebagaimana disebut di atas, lem bukan hanya terkait dengan “terekatnya” komponen gitar. Lem juga akan berpengaruh ke aspek-aspek krusial seperti suara yang dihasilkan.

Rekomendasi Lem Kayu untuk Gitar Crossbond

Menyadari peran krusial lem untuk gitar, kami merekomendasikan adhesive Crossbond untuk Anda. Dengan bahan dasar PVAc, Crossbond unggul dalam hal:

  1. Daya rekatnya
  2. Ketahanannya
  3. Estetika
  4. Keamanan
  5. Kemudahan aplikasi

 

Selain itu, Crossbond juga bisa didapat dengan harga terjangkau. Harga satuan Crossbond X3 untuk konstruksi adalah Rp. 45.000,- sedangkan Crossbond X4 untuk laminasi adalah Rp.50.000,-. Keduanya sama-sama dibutuhkan dalam proses pembuatan gitar. Misalnya perekatan konstruksi komponen dengan Crossbond X3 dan pelapisannya dengan Crossbond X4. Kedua kebutuhan perekatan tersebut memang berbeda sehingga harus dilem dengan bahan yang juga berbeda.

Dengan aplikasi lem kayu untuk gitar ini, biaya produksi pun bisa ditekan supaya lebih hemat.

Menarik bukan? Yuk, segera ganti lem lama Anda dengan Crossbond.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here