bantal decoupage

Ingin membuat decoupage pada kain? Ternyata mudah lho caranya. Apalagi dengan kualitas adhesive untuk decoupage yang bagus seperti Ultra Phaethon. Dan dari sini, Anda juga bisa mengembangkan usaha sarung bantal, taplak meja, hingga gorden ber-decoupage yang menarik! 

sepatu hpl

CS BahanPerekat

Seperti telah kami sebutkan pada artikel sebelumnya, decoupage adalah teknik kerajinan yang bisa diaplikasikan pada banyak media. Kayu, gelas, hingga kaleng hanyalah beberapa benda yang bisa dipercantik dengan teknik ini. Namun tahukah Anda bahwa ternyata teknik kerajinan ini bisa diaplikasikan pada kain juga?

Cara pembuatannya pun memiliki prinsip dasar yang sama. Meski tentu saja, ada beberapa langkah yang harus dimodifikasi untuk aplikasi pada bahan kain itu sendiri. Yuk, simak cara di bawah ini.

Alat dan Bahan

  1. Kertas atau napkin decoupage
  2. Lem Ultra Phaethon
  3. Cat akrilik (opsional)
  4. Kertas alas
  5. Kain yang ingin didecoupage (pilih yang mudah diproses seperti katun dan linen)
  6. Setrika
  7. Kuas

Cara Decoupage pada Kain

  1. Potong pola pada napkin atau kertas decoupage yang sudah disediakan.
  2. Posisikan pola-pola tersebut sebelum mengelemnya.
  3. Alasi kain yang ingin di-decoupage dengan kertas alas.
  4. Dengan kuas, oleskan Ultra Phaethon pada napkin atau kertas decoupage yang sudah diposisikan sesuai keinginan Anda.
  5. Tunggu lem mengering.
  6. Setelah kering, Anda bisa mengecat beberapa bagian kain menggunakan cat akrilik. Misalnya mengecatnya di bagian pinggir-pinggir.Alasi kain yang sudah didecoupage, kemudian setrika kain tersebut.
  7. Selesai!
  8. Anda tinggal mengemasnya lalu menjual kerajinan ini dengan mempromosikannya pada toko di sekitar rumah maupun secara online.

bantal decoupage

Mudah bukan langkah-langkah di atas? Tapi jangan salah, teknik decoupage tersebut rupanya bisa menghasilkan aneka keindahan pada berbagai produk. Yang jadi kunci adalah kehati-hatian kita sekaligus pemilihan lem yang tepat. Untuk masalah kehati-hatian, kita harus telaten dan terus berlatih. Sedangkan untuk masalah lem, kami telah menyarankan Ultra Phaethon di atas. Jangan asal menggunakan lem ya. Sebab, tak semua lem bisa digunakan untuk kerajinan ini. Dari berbagai lem di pasaran, Ultra Phaethon memiliki feature yang paling tepat untuk kerajinan ini. Sebab selain kuat, Eva Phaeton juga sangat tahan lama dan bersifat transparan. Harganya pun sangat terjangkau karena bisa dibeli dengan harga Rp. 148.000,- per 4 kg!

Tertarik membuat kerajinan ini? Ayo coba sekarang. 

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here