crossbond

Guna kayu selain sebagai bahan mebel, ialah sebagai bahan pembuatan craft. Berikut ini adalah salah satu contoh cara membuat hiasan dari kayu dengan teknik mudah dan biaya sangat murah.

Produk yang Akan Dibuat

Produk yang akan dibuat adalah bookend atau penjepit buku sekaligus background untuk ornamen Anda. Ornamen yang dimaksud bisa berupa boneka, patung, dan minuatur sebuah benda. Bila dirasa cukup, background ini pun dapat diaplikasikan untuk meletakkan vas bunga dan tempat lilin.

Alat dan Bahan

  1. Papan kayu
  2. Skrup
  3. Bor
  4. Lem Crossbond™
  5. Ornamen
  6. Bracket L

Cara Membuat Hiasan dari Kayu

Amplas Kayunya

Setelah kayu dipotong sesuai ukuran ornament yang Anda ingin tempelkan, amplaslah material ini dengan kertas amplas. Gosok bagian permukaan kayu, pinggir, dan bawahnya secara menyeluruh.

Rekatkan dengan Lem

CS BahanPerekat

Aplikasikan lem Crossbond™ pada salah satu papan kayu. Oleskan bahan perekat di salah satu ujung papan kayu secara rata dan menyeluruh. Diamkan hingga kering. Selama proses pengeringan ini ada baiknya kayu tetap dalam posisi semua baik dengan penjepit atau alat lainnya.

Bor

Lakukan pengeboran pada papan kayu.

Aplikasikan Bracket sudut L

Siapkan bracket L dengan ukuran 1,1/2 Inchi di bagian kiri dan kanan belakangnya. Setelah itu, lubangi kayu (jangan sampai tembus!) untuk memasang sekrup. Posisi lubangnya sendiri disesuaikan dengan bracket L itu sendiri. Barulah setelah itu, pasang sekrup untuk benar-benar mengikat bracket pada kayu.

Ulangi lagi hingga semua lubang terpenuhi.

Lem Ornamennya

Sekali lagi dengan Crossbond™, langkah terakhir yang perlu Anda terapkan adalah mengelem ornamen atau benda yang dirasa cocok.

Yang dicontohkan pada artikel ini hanya beberapa dari sekian ide yang bisa diaplikasikan. Tentu masih banyak ide lain yang bisa dieksplore dan diterapkan.

Demikian cara membuat hiasan dari kayu. Sangat muidah bukan? Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here