Jual Lem Kayu Tahan Air Crossbond

Apakah Anda tertarik mendirikan usaha di bidang craft atau kerajinan? Bila iya, tentu satu hal yang harus dilakukan di awal adalah memperluas pemahaman di bidang tersebut. Misalnya mengenai berbagai tipe atau jenis craft. Tahukah Anda bahwa craft bisa dibedakan mejadi 5 macam?

Kerajinan Tekstil atau Textile Craft

Kerajinan tekstil atau textile craft terdiri dari berbagai produk yang menggunakan bahan kain dan dibuat dengan aneka teknik mulai dari penjahitan hingga pewarnaan. Seringkali hasil produk kerajinan ini juga termasuk dalam kategori craft lainnya seperti fashion dan decorative craft. Namun karena menggunakan bahan kain, pada akhirnya produk-produk tersebut secara teknis tetap dimasukkan dalam kelompok tekstil. Contohnya adalah pembuatan slayer warna-warni dengan teknik pencelupan warna.

Paper Crafts

Paper craft atau kerajinan dari kertas memanfaatkan bahan kertas sebagai komponen utama. Ada banyak produk yang bisa dihasilkan dari tipe craft ini. Pembuatan model 3d dengan kertas, bingkai foto, kartu ucapan, dan kaligrafi adalah beberapa contoh kerajinan tipe ini.

Craft Dekoratif atau Decorative Craft

CS BahanPerekat

Pembuatan ukiran pada furniture, pengerjaan logam, dan pembuatan desain permukaan tembok adalah contoh decorative craft. Demikian juga pembuatan mainan anak. Produk-produk tersebut pun sering dikombinasikan satu sama lain. Misalnya kombinasi pengerjaan furniture dengan metal. Hasilnya mebel tampak lebih menawan secara estetika.

Fashion Crafts

Jenis craft ini terdiri dari produk-produk yang digunakan sebagai elemen pakaian yang kita gunakan. Bros, topi, aneka produk kulit seperti tas tangan, pita, hingga garmen merupakan contohnya. Secara teknis sebagaimana disebut di atas, fashion craft juga bisa termasuk dalam jenis kerajinan yang lain. Misalnya saja garmen yang termasuk dalam kelompok textile craft.

Kerajinan Fungsional

Klasifikasi functional craft sebagaimana fashion craft sering tumpang tindih dengan jenis craft yang lain. Namun secara umum, craft seperti ini dibedakan dengan decorative craft yang secara umum dibuat untuk kebutuhan peningkat keindahan. Sedangkan kerajinan fungsional ditujukan untuk penggunaan fungsionalnya.

Demikian berbagai jenis craft atau kerajinan yang selama ini banyak beredar di pasaran. Setiap tipe craft pasti memiliki karakter dan pangsa pasar tersendiri. Dengan mengetahui lebih jauh mengenai tipe-tipe craft di atas, usaha yang kita dirikan pasti lebih berpotensi sukses. Misalnya dengan mengetahui apakah kerajinan buatan kita merupakan functional craft atau decorative craft, kita bisa menonjolkan sisi yang bisa dijual ke pembeli.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here