Pernahkah Anda mendengar istilah taco sheet atau kadang ditulis secara singkat menjadi tacosit? Taco adalah salah satu pelapis yang dewasa ini marak digunakan. Pelapis ini memiliki kesamaan dengan HPL sebagai coating dalam finishing tempel yang terbuat dari bahan sintetis. Taco memiliki tekstur tersendiri dan tersedia dalam aneka macam warna.

Dari bentuknya, taco berupa lembaran tipis yang siap ditempelkan. Umumnya, material ini dijual dalam bentuk gulungan dengan tebal kurang dari 1 mm. Panjangnya sendiri bisa disesuaikan kebutuhan konsumen dengan pembelian per roll ataupun meter. Penggunaan taco sheet mulai menanjak seiring disukainya aplikasi finishing tempel. Tak mengherankan, manufaktur taco sheet pun kedapatan permintaan yang tinggi untuk berbagai produknya tersebut.

Berapa Harga Taco Sheet?

Taco pada umumnya dijual dengan harga yang relatif murah. Misalnya, saat ini di pasaran, tacon bisa dipilih mulai dari yang harganya Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000 per roll. Sedangkan harga reratanya adalah Rp. 30.000an ribu per roll. Namun tentu saja, harga spesifik tiap produk berbeda-beda tergantung merek, kualitas, tempat pembelian, hingga faktor geografis seperti jarak.

Keunggulan dan Kekurangan Tacosit

CS BahanPerekat

Setiap produk yang kita kenal sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Taco sheet sebagai coating sintetis pun tak lepas dari hal tersebut. Berikut ini dijelaskan poin-poin kelebihan serta kelemahan dari pelapis ini.

Kelebihan

1. Umumnya tersedia sangat banyak pilihan warna yang dapat dibeli di pasaran sehingga pembeli lebih leluasa mendapatkan produk sesuai seleranya.
2. Pelapis ini memiliki permukaan yang sedikit bertekstur sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri
3. Memiliki panjang tak terbatas sehingga cocok untuk pelapisan permukaan media yang memanjang dan luas
4. Memiliki karakter fleksibel, mengikuti bentuk produk media

Kekurangan

1. Bukan merupakan pelapis yang tahan panas seperti HPL sehingga sebetulnya kurang ideal untuk pelapisan kabinet di area sekitar kompor (bagian yang panas)
2. Warnanya kurang awet dan seiring waktu akan berubah menjadi kekuningan sehingga kurang menarik
3. Agak mudah robek sehingga aplikasinya harus hati-hati

Taco Sheet untuk Mebel

Sebagai pelapis dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, taco bisa dibilang merupakan alternative menarik untuk coating dalam finishing tempel. Sampai hari ini, taco juga telah diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan:

1. Kitchen cabinet atau kabinet dapur serta kabinet-kabinet yang lain
2. Meja. Bahan ini banyak dipakai untuk finishing permukaan atas meja
3. Rak
4. Furniture kantor
5. Beberapa elemen dalam bangunan
6. Almari
7. Desk
8. Pintu

Lem yang Cocok untuk Taco Sheet

Sebagaimana pelapis lainnya, taco sheet diaplikasikan dengan cara direkatkan pada media yang akan difinish dengan bahan ini. Umumnya, taco akan diaplikasikan pada kayu olahan untuk menghasilkan mebel-mebel murah yang menarik. Kualitas keawetan aplikasi tersebut sangat dipengaruhi kualitas lem atau adhesive yang diterapkan. Lem harus mampu merekatkan tacosit dengan kayu olahan dengan kuat dan tahan lama.

eva pheathon

Bahanperekat.com merekomendasikan lem Eva Phaethon untuk kebutuhan finishing tempel menggunakan taco sheet. Anda bisa menggunakan lem dengan formulasi dasar ethylene vinyl acetate ini dengan mudah dan praktis. Lem ini kuat, cepat kering, tahan lama, solid content tinggi, cover area luas, dan harganya juga terjangkau.

Gunakan Eva Phaethon untuk perekatan yang lebih awet pada taco sheet Anda!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here