gitar kayu akustik bagus

Efek lem kayu non PVAc sangat mengerikan dan sudah banyak dialami oleh banyak orang. Ternyata dampaknya juga berbahaya bagi lingkungan.

Jangan pernah meremehkan efek lem kayu non PVAc! Ancaman dari produk ini tidak hanya berdampak pada manusia melainkan tumbuhan dan hewan. Bahkan, dampak buruk tersebut dapat muncul setelah jarak waktu yang panjang dari proses aplikasi lem. Efek yang dirasakan sangat bervariasi mulai dari tingkat ringan sampai akut. Sementara itu, anak-anak adalah obyek pertama yang akan merasakan dampaknya.

Jenis lem berbahaya biasanya berwarna kuning. Warna ini disebabkan oleh kandungan zat kimia berbahaya didalamnya. Zat kimia yang sering digunakan dalam pembuatan lem adalah formalin dan timbal. Keduanya bersifat racun, menyebabkan kanker, dan dapat meningkatkan VOC content dalam udara. Apa itu VOC content? Ini adalah senyawa yang mudah menguap di udara termasuk dalam ruangan tertutup. Jika volume dalam udara sudah sangat tinggi, maka dapat meningkatkan pemanasan global.

Bahaya Formalin dan Timbal Sebagai Efek Lem Kayu Non PVAc

CS BahanPerekat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, efek lem kayu non PVAc disebabkan oleh formalin dan timbal. Dengan demikian, sangat penting untuk mengetahui bahaya dari kedua zat kimia tersebut terhadap kehidupan. Dampak buruk formalin lebih mengarah kepada kesehatan manusia. Sedangkan, timbal memberikan efek negative yang lebih kompleks. Berikut informasi lebih lanjut tentang kedua zat kimia berbahaya ini.

Formalin ialah larutan yang tidak berwarna namun berbau menusuk. Secara umum, larutan ini digunakan sebagai pembasmi hama sampai bahan perekat kayu. Zat kimia ini menyerang manusia melalui pernafasan, mulut, serta kulit. Seseorang yang terpapar formalin dapat mengalami luka bakar pada kulit. Selain itu, ada bahaya iritasi pernafasan, mata,  alergi, sampai berbagai jenis kanker.

Timbal (Pb) merupakan logam yang bersifat racun bagi lingkungan dan tubuh manusia. Karakternya lunak dan berwarna biru keputihan (mengkilap). Logam yang dikenal sebagai timah hitam ini sangat tahan asam, radiasi, karat, dll. Timbal mencemari tanah, air, dan udara. Bagi kesehatan, timbal akan meracuni seluruh organ tubuh manusia. Pastinya, masih banyak dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh timbal.

Hindari Bahaya Timbal dan Formalin dengan Menggunakan Lem Kayu PVAc

Dengan demikian, formalin dan timbal bukanlah bahan yang baik untuk lem kayu. Oleh karena itu, lebih baik memilih produk lem berbahan lain seperti PVAc. Sehingga, Anda tidak akan mengalami efek lem kayu non PVAc. Jenis perekat dari polyvinyl acetate yang kami rekomendasikan adalah Crossbond. Ada dua varian yang dapat Anda gunakan yaitu Crossbond X 4 dan Crossbond X 3. Keduanya lebih ramah lingkungan yang dibuat untuk system perekatan laminasi dan konstruksi.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here