produk papan bambu
Gluebam

Banyak lem kayu diklaim bisa dimanfaatkan untuk pembuatan maupun penerapan kayu lapis. Berbagai lem untuk laminasi kayu lapis tersebut memiliki kriteria tersendiri yang bisa kita jadikan bahan seleksi. Salah satunya terkait fungsi lem untuk indoor atau outdoor.

Plywood atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kayu lapis ialah salah satu tipe kayu olahan yang diproses dari bahan lapisan tipis. Beberapa lapisan tipis kayu tersebut selanjutnya di-cover dengan vinir (veneer) sebagai bahan akhir yang memiliki fungsi dekoratif. Kayu lapis yang sudah dibuat ini selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari untuk pembuatan berbagai macam perabot seperti meja, pintu, langit-langit, dan sebagainya.

Beragam Tipe Plywood

Dilihat dari tipenya, plywood bisa dibedakan menjadi beberapa varian. Misalnya dari bahan dasar kayu yang digunakan, terdapat pembedaan kayu lapis hardwood (kayu keras) dan softwood (kayu lunak). Selain itu, secara umum sudah tersedia standar tingkatan atau grade antar kayu lapis yang menunjukkan kualitas tampilan sampai kekuatan bahan tersebut.

Indoor vs Outdoor

CS BahanPerekat

Sedangkan bila dilihat bedasarkan penggunaannya, kita bisa membaginya menjadi kayu lapis indoor dan kayu lapis outdoor. Pembagian terakhir ini dalam penerapannya memerlukan aplikasi lem yang berbeda. Sebagaimana namanya, plywood untuk outdoor memerlukan lem outdoor, sedangkan plywood indoor bisa memanfaatkan lem indoor maupun outdoor.

Lem untuk Laminasi Kayu Lapis Crossbond

Penggunaan lem untuk kayu lapis baik yang indoor maupun outdoor hendaknya dilakukan secara selektif. Lem yang berguna dalam pembuatan hingga penggunaan bahan ini akan memiliki dampak besar terhadap kekokohan, keindahan, hingga ketahanan kayu lapis tersebut.

Dalam fungsinya sebagai bahan produk indoor maupun outdoor, adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond X4. Adhesive berbahan dasar resin alifatik ini memiliki dua keunggulan ganda yang membuatnya bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda.

  1. Sebagai lem outdoor, Crossbond X4 memiliki ketahanan terhadap cuaca dan air yang sangat baik.
  2. Sebagai lem indoor, Crossbond X4 memiliki tingkat keamanan yang sangat bagus.

Penggunaan lem untuk laminasi kayu lapis ini dengan kata lain juga akan membuat Anda tak perlu repot-repot memilih adhesive yang berbeda.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here