tipe bambu laminasi

Ada 9 ide sangat menarik untuk membuat kerajinan bambu! Mari, baca lebih lanjut dan tentukan mana kerajinan yang bisa Anda aplikasikan sendiri.

Meskipun sering dianggap sebagai pengganti kayu, bambu memiliki karakteristik tersendiri. Material ini berbentuk silinder dengan sekat-sekat yang membagi bagiannya. Bisa dibilang, bambu tak bisa disamakan begitu saja dengan kayu.

Keunikan bambu itupun bisa dimanfaatkan lebih jauh untuk menghasilkan produk dengan keindahan khasnya. Contohnya saja 9 inspirasi ide craft berikut ini.

8 Ide Kerajinan dari Bambu yang Bisa Anda Aplikasikan

Vas dan Pot

CS BahanPerekat

Ada dua cara membuat vas atau pot menggunakan bambu. Pertama, dengan memanfaatkan ranting bambu yang masih kecil. Yakni, dengan menempelkan ranting-ranting tersebut pada wadah silinder. Sedangkan cara yang kedua adalah langsung menggunakan potongan bambu besar. Potong bambu dengan salah satu bagiannya tertutup buku (sekat). Lalu isi dengan tanah atau batu dan tanam bunga kesayangan Anda di sana.

Lampu Taman

Bambu juga bisa Anda gunakan untuk menjadi penutup samping lampu. Letakkan lampu di bawah, lalu taruh potongan silinder bambu mengitarinya. Hasilnya taman Anda akan tampak lebih menawan.

Rangka Sepeda

Siapa sangka bambu bisa digunakan untuk membuat sepeda? Nyatanya memang bisa. Tapi tentu saja perlu usaha lebih keras dibanding saat membuat produk yang lain.

Seruling

Alat musik seruling atau suling juga bisa dibuat dari bambu. Namun sebelumnya Anda harus sudah paham teknik dasar dan praktik pembuatan seruling. Siapkan juga bambu khusus yang direkomendasikan.

Tempat Lilin

Kerajinan bambu berupa tempat lilin jelas cocok untuk mendukung suasana etnik, romantis, dan natural.

Lonceng

Untuk membuat lonceng bambu, Anda hanya perlu menggantung beberapa material tersebut pada bambu utama yang dijadikan tempat gantungan. Letakkan di tempat berangin, dan nikmatilah suara merdu bambu yang saling bertabrakan!

Rumah untuk Bunga atau Merpati

Bila Anda sudah sangat ahli dalam bidang pengolahan bambu, maka membuat bentuk rumah yang cantik dengan bahan ini pastilah bukan persoalan besar.

Pigura

Figura bambu bias dibuat dengan menempelkan ranting bambu mengelilingi medium yang digunakan sebagai alas figura.

Sangat menarik bukan berbagai ide kerajinan bambu di atas? Anda pun bisa membuatnya sendiri di kala senggang. Bila perlu, ajak seluruh keluarga beraktivitas kreatif membuat kerajinan ini. Jelas ini adalah alternative yang baik dibanding hanya berputar-putar di mall.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here