mainan kayu alat makan

Furniture rotan adalah salah satu jenis produk rotan yang banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Penggunaan furniture ini bagaimanapun juga telah berkontribusi positif pada kelestarian alam. Bagaimana tidak? Di wilayah pedalaman, panen rotan dipastikan tidak se-destruktif panen kayu. Penyebabnya tak lain karena sifat tumbuh rotan yang cepat sehingga ancaman kepunahannya pun lebih rendah. Seleksi atas panen rotan juga tergolong ketat. Rotan harus sudah masak agak bisa diolah dengan baik. Berikut ini beberapa ciri yang harus dipenuhi:

  1. Tak ada lagi selubung daun kelopak serta seludang.
  2. Daun sudah rontok.
  3. Duri sudah rontok.

Dari rotan-rotan yang dipanen tersebut, kemudian dilakukan pengolahan sehingga menghasilkan beragam mebel menarik. Cantiknya beragam mebel rotan bahkan  diakui dunia internasional dengan tingginya eskpor untuk furniture ini.

Inspirirasi Furniture Rotan

Ada berbagai jenis mebel dengan bahan dasar rotan. 3 yang paling sering adalah:

Kursi dari Rotan

CS BahanPerekat

Keindahan kursi dari bahan rotan tak perlu diragukan lagi. Bahkan kursi rotan pun menjadi salah satu produk dari material ini yang paling banyak digunakan.

Meja dari Rotan

Setelah kursi kita mengenal meja rotan. Biasanya satu set meja dan kursi sudah akan disediakan dalam satu paket produk.

Almari Rotan

Selain meja dan kursi, aplikasi keindahan rotan juga bisa diterapkan pada almari. Ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan rotan sebagai hiasan dekorasi, bukan bahan pembentuk utamanya. Sedangkan yang kedua adalah menggunakan rotan sepenuhnya untuk membentuk produk almari tersebut. Biasanya almari ini dibuat dalam bentuk rak-rak seperti gambar di bawah ini.

Agar Furniture Rotan Berkualitas

Untuk menghasilkan mebel rotan yang baik, maka proses pemilihan bahan dan pengolahannya pun harus dipilih dengan selektif.

Pertama mengenai bahan rotannya sendiri. Pilihlah jenis rotan yang tepat dan dalam kondisi yang baik. Selanjutnya, perhatikan juga penggunaan cat serta lem yang diaplikasikan. Pilih produk yang memang didesain untuk kebutuhan ini. Hindari penggunaan cat maupun bahan perekat berkualitas rendah yang hanya unggul karena “harganya” yang murah saja. Bukan hemat yang didapat, Anda malah berpotensi mengeluarkan budget lebih banyak.

Tips Merawat Furniture Rotan

Agar kualitas produk rotan senantiasa terjaga, aplikasikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Bersihkan secara berkala terutama bagian detil rotan yang berdebu. Bila perlu, gunakan sikat gigi dan sprayer. Dengan demikian, kebersihan furniture benar-benar terjamin. Ancaman serangga dan jamur pun dapat diminimalisir.
  2. Jauhkan furniture rota indoor dari paparan panas matahari secara langsung maupun kelembaban yang terlalu intens.
  3. Segera perbaiki bila ada bagian yang lepas. Bila memungkinkan Anda bisa mengelemnya kembali dengan Crossbond.
  4. Furniture rotan sangat rentan rusak apabila substratnya terlalu kering. Jadi gunakanlah semir atau pemoles kayu.
CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here