Lem Untuk Kayu

Ada setidaknya dua jenis lem untuk bambu yang biasa kita gunakan. Keduanya memiliki karakter tersendiri dan akan berfungsi optimal bila digunakan sesuai rekomendasinya.

Apa gunanya label keterangan bila tak dibaca? Sebuah perusahaan lem mengeluarkan keterangan pada label kemasannya agar memudahkan konsumen untuk menentukan sampai menggunakan bahan tersebut. Sebab, bagaimanapun juga kepuasan konsumen dalam menggunakan produknya adalah kunci keberhasilan produsen lem manapun.

Terkait dengan pemilihan lem, salah satu aspek yang kerap luput dari perhatian adalah tipe lem yang didesain oleh manufaktur terkait. Tipe perekatan bahkan merupakan faktor yang perlu didahulukan sebelum faktor lainnya seperti daya rekat dan daya tahan. Pasalnya, sebaik apapun dan sekuat apapun adhesive yang kita beli, namun bila tak cocok dengan kebutuhan maka pada akhirnya akan tak berfungsi dengan optimal.

CS BahanPerekat

Terdapat setidaknya dua tipe perekatan yang perlu kita ketahui. Lantaran, keduanya memang hampir selalu diterapkan pada berbagai produk bambu. Berikut ini adalah kedua jenis perekatan tersebut dan lem yang kami rekomendasikan.

Dua Tipe Perekatan dan Dua Jenis Lem untuk Bambu Rekomendasi

Laminasi

Tipe perekatan laminasi diaplikasikan untuk produk bambu seperti vinir, pemasangan lantai, panel bambu, dan berabagai kebutuhan serupa. Tipe perekatan seperti ini memerlukan daya sebar dan daya serap yang baik supaya tidak terjadi lapisan film lem tebal. Lem laminasi juga perlu didesain dengan viskositas atau kekentalan medium. Selain itu, untuk pemasangan lantai luar ruangan, lem laminasi juga memerlukan ketahanan khusus pada perubahan cuaca sampai guyuran hujan.

Lem yang menjadi rekomendasi kami mengingat berbagai kebutuhan di atas adalah Crossbond X4. Didesain dengan viskositas medium, lem ini akan meresap dengan baik dan menyebar ke permukaan bambu yang lebih luas. Crossbond X4 yang tahan air, solvent, dan panas juga bisa dipakai untuk outdoor maupun indoor.

Konstruksi

Lem untuk bambu berikutnya adalah lem konstruksi. Fungsi perekatan konstruksi bisa digunakan untuk pembuatan furniture hingga konstruksi bangunan. Karakter yang dibutuhkan antara lain terkait dengan daya rekat sampai kecocokan dengan bambu yang diterapkan.

Rekomendasi lem yang kami ajukan adalah Crossbond X3. Sifat Crossbond X3 yang sangat aman juga akan membuat ruangan maupun furniture tidak membahayakan keluarga. Jenis lem untuk bambu ini juga memiliki ketahanan yang baik sehingga membuat produk tidak mudah rusak.

Manakah lem untuk bambu yang cocok untuk kebutuhan Anda? Bisa jadi dua-duanya! Jadi jangan ragu untuk menggunakan lem yang berbeda pada satu produk sekalipun.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here