talenan

Pernahkah Anda mendengar istilah produk bambu laminasi? Bisa dibilang, istilah tersebut memang masih jarang dipergunakan di Indonesia. Meski demikian, tahukah Anda sudah banyak bambu laminasi yang kita gunakan sehari-hari? Dalam pemanfaatannya ini, produk bambu laminasi membutuhkan lem untuk laminasi bambu khusus. Tanpanya, kerugian bisa diderita baik konsumen maupun produsen bambu laminasi.

Nah, yang dimaksud dengan bambu laminasi sendiri memiliki pengertian yang sebenarnya sederhana. Definisi bambu laminasi ialah produk bambu yang diolah atau dibuat menerapkan teknik laminasi. Dari teknik ini, nantinya bisa dihasilkan papan bambu lebar yang bisa digunakan secara lebih fleksibel. Ini dilakukan karena bentuk asli bambu kerap menyulitkan pengolahannya lebih lanjut. Dengan cara ini, bambu juga bisa mengganti banyak fungsi kayu yang makin hari makin sulit dan mahal didapatkan.

Berbagai produk hasil bambu laminasi bisa kita jumpai pada barang-barang rumahan. Kursi, rak, almari, hingga lantai bambu ialah beberapa contoh bambu laminasi. Bila kita tak jeli, berbagai produk tersebut memang hanya nampak serupa produk kayu saja. Namun bila kita memperhatikannya lebih jauh, akan terlihat keindahan khas bambu yang tak bisa kita dapatkan pada kayu.

Pentingnya Lem untuk Laminasi Bambu yang Baik

CS BahanPerekat

Seperti telah disinggung pada awal tulisan ini, salah satu bahan yang begitu penting dalam aplikasi maupun pembuatan bambu laminasi ialah lem yang digunakan. Pentingnya peran lem disebabkan karena bahan ini yang menjadi faktor utama bersatunya berbagai komponen produk bambu laminasi. Oleh sebab itu, faktor kekuatan sebagai pendukung kesatuan tersebut sangat perlu diupayakan.

Untuk berbagai furniture hingga lantai dari bambu yang baik, lem yang kami sarankan ialah lem untuk laminasi bambu Crossbond. Daya rekat Crossbond didukung dengan formulasi tepat pada inner cross linkernya. Crossbond bisa meresap ke dalam substrat bambu dengan baik dan mengikatnya secara kimia dengan kuat.

Namun tentu saja aplikasi Crossbond harus dilakukan dengan tepat. Penggunaan lem manapun bila dilakukan dengan tidak tepat akan berakhir pada kurangnya performa lem yang didambakan. Untungnya, Crossbond termasuk lem untuk laminasi bambu yang mudah digunakan. Pada dasarnya, Anda hanya tinggal mengoleskannya saja dan menggunakan clamp press setelah aplikasinya. Tak diperlukan trik atau keterampilan khusus untuk aplikasi lem serbaguna ini.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here