paku

Baru masuk dunia woodworking dan tertarik untuk membuat furniture yang bagus? Bila jawaban Anda iya, salah satu skill yang perlu Anda miliki adalah skill menyembunyikan paku ataupun skrup dari tampilan produk. Penasaran mengapa skill ini penting dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa Tampilan Furniture Harus Bebas Paku?

Yang pertama, cobalah untuk memperhatikan berbagai mebel di rumah Anda. Hampir semuanya memiliki tampilan mulus tanpa adanya tinggalan bekas-bekas paku bukan? Memang seperti itulah standar kualitas mebel yang baik.

CS BahanPerekat

Harus diakui, beberapa desainer mebel tak melakukan hal yang sangat berlainan. Misalnya mengaplikasikan paku dengan jelas pada tampilan luar mebel. Apalagi mebel dari kayu pinus. Namun ini hanyalah untuk memperkuat kesan antik dan memang sengaja dilakukan. Jadi, bila Anda memang ingin memberikan kesan tertentu pada mebel, lakukan saja cara-cara tersebut. Tetapi bila tidak, Anda harus melakukan upaya supaya pemakuan tidak dilakukan di bagian mebel yang terlihat. Perhatikan juga pangsa pasar mebel Anda. Apakah mereka menyukai tampilan antik? Atau justru suka tampilan furniture mulus glossy?

Bagaimana Caranya?

Sebetulnya, cara untuk menyembunyikan bekas paku pada mebel cukup sederhana. Ada banyak trik yang bisa dilakukan. Woodworker yang sudah ahli pasti tahu teknik-teknik khusus untuk melakukannya. Nah, bagi Anda yang baru mempelajari teknik ini, beberapa metode di bawah ini dapat dicoba.

Menggunakan Lem di Bagian Permukaan Mebel

Selain paku, perekatan produk kayu juga bisa dilakukan dengan lem. Jadi jangan selalu hanya mengandalkan paku. Kombinasikanlah antara pemakaian lem serta pemakaian paku. Untuk bagian dalam produk, Anda bisa memanfaatkan paku. Tetapi untuk bagian luar produk, gunakanlah bahan perekat atau adhesive saja.

Pilih adhesive yang kualitasnya bagus. Di pasaran sendiri telah tersedia beragam lem atau adhesive yang tersedia. Pilihlah dengan mempertimbangkan aspek kekuatan, ketahanan, efeknya pada warna, hingga tingkat keamanannya.

Menutupinya

Bagaimana bila Anda terpaksa menggunakan paku pad bagian permukaan furniture? Jangan khawatir. Ada trik yang bisa kita lakukan untuk tetap bisa menutupinya.

Mudah saja, ambil potongan kayu lain, dan tutupi bagian kayu berpaku dengan kayu baru tersebut. gunakan lem atau adhesive untuk merekatkannya. Bila perlu, tambah dnegan pemakuan dari dalam produk. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati sebab Anda tak bisa mengoreksi pemakuan yang nantinya akan ditutupi dengan potongan kayu tersebut.

Menguburnya dengan Potongan Kayu

Cara ini dilakukan dengan mengubur lubang pemakuan menggunakan potongan kayu. Jadi, paku ataupun skrup dimasukkan hingga sangat dalam sampai bagian atasnya tak terlihat. Akibatnya akan terbentuk lubang di permukaan kayu yang kemudian bisa ditempeli dengan potongan kayu.

Cara ini unik dan sangat menarik. Tetapi, memerlukan keahlian khusus dan potongan kayu pengganti yang sesuai dengan warna dan pola kayu yang dilubangi. Bagi yang ingin mengaplikasikan finishing natural, cara ini tergolong tricky. Akan lebih aman bila teknik ini dilakukan bila mebel Anda nantinya dicat dengan warna solid, bukan natural.

Dari ketiga cara di atas, pilihlah yang sekiranya tepat dilakukan dan sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi Anda. Cara nomor 1 adalah cara yang bisa dibilang paling mudah. Jadi, utamakan metode nomor satu tersebut. Barulah setelah tak bisa dilakukan, Anda bisa mencoba alternative kedua dan ketiga.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here