hiasan kayu lapis 1

Setiap industri kayu selalu menyisakan bahan baku yang digunakan. Jika tidak dikelola dengan baik, sisa kayu furniture hanya akan menjadi limbah. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan yang baik dimana ide ini bisa menambah omset perusahaan atau industri. Kayu pinus sisa bahan baku furniture merupakan salah satu sampah industri yang dapat dimanfaatkan untuk hal yang lain. Jenis kayu ini bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti kotak pensil, kotak tisu, bingkai foto, dll.

Membuat bingkai foto dari kayu baik pinus maupun lainnya dapat dilakukan sendiri. Bahan baku dapat mengambil dari perabot rumah yang sudah tidak digunakan. Selain itu, kayu pinus dapat memanfaatkan pagar bekas. Masyarakat juga bisa meminta atau membeli langsung sisa kayu bahan baku jika lokasinya dekat dengan industry mebel.

Proses Pembuatan Bingkai Foto dari Kayu Pinus Sisa Bahan Baku Furniture

CS BahanPerekat

Aktivitas membuat bingkai foto dapat dijadikan untuk mengisi waktu luang. Bahkan, ide ini bisa menjadi prospek yang bagus untuk sebuah industri rumahan. Peluang bisnis membuat kerajinan seperti ini di Indonesia masih terbuka lebar. Fungsi dari benda ini tidak hanya untuk menyimpan foto akan tetapi untuk hiasan dinding dan meja.

Salah satu jenis bingkai foto dapat dibuat unik dengan bahan-bahan sederhana. Proses pembuatan kerajinan ini membutuhkan kayu pinus bekas, lem kayu, cutter, selotip kertas, dan foto. Jenis bingkai yang akan dihasilkan memiliki keunikan seperti rak bergeser. Berikut step membuat bingkai foto dari kayu:

  1. Buat ukuran pada sebidang kertas menggunakan kayu sebagai pola ukur. Tahap ini memudahkan proses pemotongan foto.
  2. Potong foto sesuai pola yang telah dibuat dan tempelkan pada kertas. Kemudian, potong-potong foto sesuai ukuran.
  3. Susun potongan kayu yang berbentuk segitiga pada alas menggunakan lem kayu untuk laminasi. Diamkan beberapa menit agar lem mongering sempurna.
  4. Setelah mongering, kayu ditempeli potongan foto pada bagian kanan dan kiri. Sesuaikan urutan foto agar tampilan terlihat bagus atau tidak salah tempel.
  5. Buat efek glossy atau mengkilap pada tampilan dengan memberikan lem pada foto. Lem dapat diganti menggunakan plitur atau vernis.

Menggunakan Lem Kayu Aman dan Rapi terhadap tampilan

Jenis lem kayu untuk membuat bingkai foto sangat beragam. Akan tetapi, sedikit dari produk bahan perekat yang memiliki kualitas aman. Bahan perekat seperti ini biasanya merupakan produk yang dibuat dari PVAc (polyvinyl acetate). Bahan pengganti formalin ini tidak memberikan dampak negative bagi kesehatan. Selain itu, le mini memiliki warna bening saat diaplikasikan. Warna bening pada lem membuat tampilan rapi karena sifat dari lem pvac juga mudah dibersihkan.

Bahan yang aman dan berkualitas bagus seperti adalah Crossbond X 4. Lem kayu untuk laminasi ini dapat digunakan untuk kebutuhan furniture interior juga. Kualitas lain yang bisa didapatkan ialah cepat kering, tidak beracun, tidak berbau, daya rekat kuat dan daya sebar yang luas. Dengan kata lain, produk ini menghemat biaya produksi.

Dengan demikian, membuat kerajinan bingkai foto dari kayu pinus sisa bahan baku furniture sangat menguntungkan. Benda ini dapat digunakan sebagai hiasan dinding dan peluang bisnis. Apalagi, ide membuat bingkai foto dari kayu sangat banyak. Pemilihan bahan perekat yang aman akan memberikan keuntungan lebih bagi semua pihak.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here