Lem Kayu Konstruksi

Penggunaan kayu selain jati mulai banyak digalakkan. Pasalnya, hingga hari ini masih saja terjadi ketidakseimbangan antara suplai dan permintaan pasar akan kayu ini. Peminat kayu jati sangat tinggi padahal produksinya tidak setinggi itu. Penggunaan furniture trembesi adalah salah satu bentuk menangani kondisi ini.

Trembesi bisa dibilang kayu yang sangat unik. Tampilannya sekilas menyerupai jati. Oleh karena itulah, kayu ini kerap disebut dengan nama kayu meh. Dalam Bahasa Jawa, meh berarti hampir, yang artinya kayu ini “hampir” menyerupai jati.

Namun demikian, memiliki tampilan mirip jati tak mengindikasikan aspek lain pada kayu ini juga identik dengan jati. Kualitas  trembesi bisa dibilang jauh di bawah jati. Contohnya dari aspek keawetan dan aspek kekuatan. Kayu ini termasuk dalam kelas awet IV atau sangat mudah diserang hama.

Meningkatkan Kualitas Furniture Trembesi

CS BahanPerekat

Meski kualitasnya di bawah jati, bukan berarti penggunaan trembesi tidak menguntungkan. Dengan teknik pengolahan yang tepat, kayu ini tetap bisa menghasilkan banyak keuntungan. Contohnya, untuk mengatasi keawetan trembesi yang rendah, kita bisa menggunakan obat pengawet kayu. Caranya, obat tersebut diresapkan pada substrat trembesi sehingga kayu menjadi beracun bagi hama. Simpel namun mengena bukan?

Sedangkan untuk mendukung kekokohan furniture kayu meh, ada dua hal yang dapat kita lakukan. Yang pertama adalah mengaplikasikan jenis sambungan yang tepatl. Ingat, trembesi adalah kayu yang tidak begitu kuat. Akumulasi beban pada satu titik saja wajib dihindari. Selain itu, tingkat ketepatan sambungan juga perlu diusahakan. Pastikan ukurannya presisi supaya sambungan dapat berfungsi dengan baik.

Usaha kedua yang dapat kita lakukan adalah menggunakan lem yang tepat. Dalam hal ini, produk yang kami sarankan ialah Crossbond™ X 3. Crossbond™ X 3 adalah lem putih yang khusus didesain untuk perekatan mebel indoor. Lem ini memiliki daya rekat kuat, tahan lama, tahan kelembaban, tahan panas, dan sangat aman. Bahkan produk ini sudah mengantongi sertifikat keamanan dari EPA dan ECHA.

Cara penggunaan Crossbond™ X 3 ialah dengan dioleskan pada kedua bagian media yang akan dilem. Selanjutnya kedua media direkatkan dan dibiarkan mengering menggunakan clamp press. Langkah ini sangat mudah namun mampu memberikan hasil furniture kayu trembesi yang kokoh dan kuat.

Yuk buktikan sendiri!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here